bojonegoromu.com

Kabar Baik Berkemajuan

Pendidikan

Serunya Siswa Siswi MIM 7 Kenep Ikuti Pelatihan Menulis dan Mendongeng oleh Rotary Club Surabaya

Rotary Club Surabaya Persada yang ada komitmen untuk ikut memajukan pendidikan berbasis literasi melaksanakan “Trilogi Super SLA-Bojonegoro 2023” yang insya Allah dilaksanakan Sesi 1 (Dasar) tanggal 2 Maret 2023 dan Sesi 2 (Lanjutan) tanggal 10 Mei 2023.

Pada hari ini Kamis, 2 Maret 2023 dilaksanakan pelatihan untuk sesi 1 (dasar) yang bertempat di aula Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars perpustakaan dan mars Rotary, dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bojonegoro. Beliau menyambut baik kegiatan berlatih menulis dan mendongeng ini. Dalam sambutannya, beliau menutup dengan jargon “Salam literasi” yang disahut para peserta, “Literasi untuk kesejahteraan”.

Santi salah satu anggota Rotary Club Surabaya penyelenggara pelatihan bertajuk,TRILOGI SUPER SLA-BOJONEGORO 2023 YUK BELAJAR MENULIS DAN MENDONGENG ini menuturkan dalam sambutannya. Rotary memiliki motto Serve Above Self (melayani di atas diri sendiri) yang maknanya memberikan yang terbaik.

Umi, wali murid yang rela menerjang hujan untuk turut serta mengantar putrinya mengikuti kegiatan pelatihan hari ini mengutarakan, putrinya sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Beliau pun mendukung penuh putrinya untuk belajar dan berkembang, mengasah bakatnya yang mulai terlihat di bidang mendongeng.

Siswa siswi MIM 7 Kenep Salwa, Haura, Ibra dan Salisha fokus menyimak materi yang disampaikan. Tak jarang mereka tertawa ceria mendengar penyampai materi yang jenaka. Mulai dari materi Read Aloud atau membaca lantang dan Pelatihan Menulis yang disampaikan oleh Ibu Aprilia Susanti, hingga materi Pelatihan Bertutur yang disampaikan Dr. Rindrah Kartiningsih.

Selepas materi, para peserta berkesempatan melakukan Library Tour dan meminjam buku. Haura dan teman teman sangat bersemangat menjelajahi rak-rak buku, “Aku mau pinjam buku ini sama ini bu. Untuk dibacakan buat adikku juga.” tutur Haura

Ibra mengungkapkan, “Bukunya banyak sekali di sini, aku senang sekali bisa membaca banyak jenis buku.”

Laili, salah satu wali murid yang kebetulan tidak ikut mengantar karena kesibukan tetapi tetap memantau kegiatan putrinya juga menyampaikan apresiasi terhadap madrasah tempat putrinya belajar sebab telah memberi fasilitas kepada putrinya bisa berkembang dan memberi pengalaman belajar tidak hanya di kelas, “cari sekolah yang bisa merealisasikan bakat anak itu susah, di MIM 7 Kenep ini ternyata tempatnya, ” demikian ia menutup pernyataan melalui ponselnya.

Kepala Madrasah, Suprapto, S.Ag memaparkan. “Dengan kegiatan pelatihan ini, diharapkan siswa siswi MI Muhammadiyah 7 Kenep bisa terus menelurkan karya, yang sebelumnya pernah diterbitkan dalam bentuk buku antologi. Terutama 4 siswa ini ke depannya semoga bisa menjadi kader literasi dan menghasilkan lebih banyak karya.” pungkasnya.

Kita sampaikan juga bahwa “Pelatihan Menulis dan Mendongeng ini akan dilanjutkan kembali di sesi 2 pada 10 Mei 2023. Yang mana pada sesi 1 hari ini para peserta mendapat beberapa tugas untuk diselesaikan dan di presentasikan pada sesi 2. Semoga tugas ini dapat mengasah kemampuan menulis dan bertutur siswa siswi kami dan membangun kepercayaan diri untuk mampu bersaing dalam kejuaraan ataupun lomba literasi ke depannya.”

Selain membaca, menulis dan mendongeng adalah bagian dari literasi. Setelah gemar membaca yang mulai tertanam subur di MI Muhammadiyah 7 Kenep. Menulis yang karya siswa siswi maupun gurunya telah berhasil menerbitkan buku. Kali ini mendongeng juga mulai digaungkan. Semoga mimutu semakin hebat.

Salam literasi. (Luluk Ismiati)

Please Share

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *